5.23.2008

100 Tahun Kebangkitan Nasional

Keren nggak sih acara memperingati seratus tahun kebangkitan nasional selasa malam yg lalu??

Gw cuma nonton pembukaannya aja sih, tapi menurut gw acara kayak gitu kudu dilestarikan penyelenggaraannya. Mungkin temanya ngk sama, tapi caranya sama.

Dikit banget acara sekarang ini yang menampilkan kebudayaan2 indonesia.

Di situ, semua tari daerah dan budaya2 dibeberkan, dipertontonkan buat umum.

Banyak kebudayaan Indonesia yg udah diklaim sama negara lain.

Angklung lah, trus batik, dll.

Dengan acara kayak gini, menurut gw, bakal memberitahukan dunia kalo kebudayaan itu milik kita.

Untuk merebut kebudayaan yg udah direbut ama negara lain emang susah. Mungkin kita ngk usah fokus untuk merebut kembali tapi lebih ke mempertahankan apa yang kita punya sekarang.

Lestarikan budaya Indonesia. Kebanggaan bangsa!

Eniwei, tadi gw baru liat iklannya Kakek Deddy Mizwar ttg kebangkitan nasional.

“Bangkit itu malu! Malu jadi benalu! Yang kerjanya meminta2 melulu!”

kira2 satu kalimatnya kayak gitu.

Wuih! Bergetar hati saya pas mendengarnya.

Suaranya mantap, intonasi, dan penjiwaan dalam menyampaikan kalimat itu benar2 sampai di hati gw.

“Bangkit itu takut! Takut korupsi! Takut makan dari yang bukan haknya!”

Ini pesan dari Indonesia untuk Indonesia.

Ada korelasi antara kedua kalimat itu. jelas ya letak hubungannya?

Indonesia meminta2 karena tidak bisa mencukupi kebutuhannya. Kenapa ngk cukup? Karena uangnya dikorupsi.

Omong2 soal korupsi, gw jadi inget kalimat temen gw tadi pagi pas presentasi buat pelajaran kewarganegaraan.

“Pemerintah udah nyiapin 70-an triliun untuk penjagaan batas luar negara tapi baru 34 triliun yg terealisasikan.”

See? Korupsi berjalan.

Omong2 soal batas negara, gw jadi inget kasus sipadan-ligitan dan kasus ambalat yg dijadiin bahan presentasi oleh temen gw tadi.

Sipadan-Ligitan udah jadi milik Malaysia sejak 2002 ketika 16 hakim dari MI memberikan suaranya untuk Malaysia sementara hanya ada 1 hakim yg memberikan suaranya buat Indonesia. *koreksi saya kalau salah*

Sejak sipadan-ligitan jadi milik Malaysia, batas luar negara bergeser lagi.

Trus tiba2 malaysia bilang kalo blok 14 dan 15 (kalo saya ngk salah, koreksi saya.) ambalat punya dia.

Kenapa sih blok ambalat yg kecil gitu dipermasalahin mpe segini gedenya?

Well, bukan masalah blok nya tapi masalah apa yang dikandungnya. Ada banyak banget minyak di ambalat.

Dan menurut saya (dan menurut teman2 sekelas saya dan guru kewarganegaraan saya) kalau misalnya Indonesia bisa mengeksplorasi ambalat, mungkin sekarang kita ngk pusing mikirin BBM naik.

Gw jadi inget sama perkataan guru gw,

“Kalian baca koran ngk seminggu ini?”

“Ngk, bu.” Jawab kita enteng sambil maenin ujung kursi.

“Perdana Menteri Malaysia ngomong gini, ‘Kita ngk akan membawa kasus ambalat ini ke internasional karena kita menghormati Indonesia dan kebaikan hati hakim internasional yang sudah menghadiahi sipadan dan ligitan kepada kita.’ Kira2 isinya gitu. Berarti apa?”

“Berarti Malaysia ngaku kalo sipadan-ligitan itu punya kita!”

“Itu! Ibu berharap, kalian nantinya yg duduk di pemerintahan bisa melakukan sesuatu untuk mempertahankan ambalat. Kalian yg sama ibu udah dikasih pengetahuan ttg persoalan2 ambalat.”

Satu pertanyaan dari temen gw.

“Trus, apa yang bisa kita, sebagai pelajar, lakuin buat kasus ini?”

gw ngejawab

“jadi presiden. Dukung Deden (temen gw yg lagi presentasi) jadi presiden!”

Beni menjawab

“Belajar! Belajar yg bener! Liat kan di Indonesia butuh orang tambang yg berkompeten, kalo gitu jadi anak pertambangan yg bagus biar bisa bantu bangsa! Ato jadi ahli ekonomi, biar ekonomi negara yg semrawut kayak gini. Ato jadi ahli politik! Jadi orang yg ahli di bidangnya jadi bisa ngebangkitin bangsa!”

Temen gw yg lain lagi nyaut

“Dukung Deden-Beni jadi Presiden dan Wakil Presiden!”

Well, ngedenger kalimat itu, hati gw terenyuh.

Uh, dalem..

Tiba2 aja dalam diri gw timbul rasa pingin jadi ahli tambang yg berkompeten yg ntar bisa mengeksplorasi ambalat.

Atau tiba2 aja gw pingin jadi diplomat yg keren yg bisa mempertahankan ambalat sebagai wilayah Indonesia.

Semoga pas gw gede nanti, gw jadi orang yg berguna buat negara gw..

Dan buat yg pusing mikirin harga BBM, nyante aja mas. Harga BBM itu naiknya global. Seluruh dunia juga ngalamin kenaikan BBM. Kalo kalian malah jerit2 di depan gedung DPR, MPR ato bahkan di depan istana negara “Turunkan harga BBM!” itu malah bakal memperburuk nasib bangsa.

Kalo minta subsidi lagi, kita bakal ngutang lagi dan pesan dari indonesia untuk indonesia yg disampaikan Deddy Mizwar juga ngk ada gunanya.

“Bangkit itu malu! Malu jadi benalu! Yang kerjanya meminta2 melulu!”

See?

Tabahlah.. emang harga BBM naik itu berat, saya juga ngerasain..

Tapi daripada demo banyak hal lain yg bisa kita lakuin kayak misalnya berjuang untuk menjadi orang berguna.

Kalo anda udah masuk sekolah pertambangan, luluslah dengan benar, dan jadi orang tambang yg profesional! Anda yg dibutuhkan bangsa untuk mengeksplorasi kekayaan alam yg kita punya!

Kalo anda udah masuk ke fakultas ekonmi, jadilah ekonom yang berkompeten yg bisa mengatur ekonomi bangsa!

Dalan bidang apapun anda, jadilah orang yg hebat! Yang ahli dalam bidang anda!

Yg bingung mau milih bidang apa, lihat apa yang dibutuhkan negara!

Semangat Indonesia!

Indonesia Bisa!

Dukung Deden-Beni jadi Presiden dan Wakil Presiden!!

Tidak ada komentar:

Lapar??

Lapar??